Wordpress pages of moneygolddiamond's blog

Berlian Seumur Bumi Ditemukan Di Australia


SM/afp BERLIAN MENTAH:Seorang pria memegang berlian mentah di bagian Emas dan Berlian Bank Sentral Sierra Leone di Freetown, 10 Agustus lalu.(26)

Sejumlah berlian berumur lebih dari empat miliar tahun, nyaris setua usia Bumi, ditemukan di Australia Barat. Temuan itu bakal bermanfaat bagi para ilmuwan untuk menguak petunjuk penting mengenai sejarah awal planet Bumi.

Berlian-berlian itu ditemukan di kawasan perbukitan Jack Hills dalam keadaan terbungkus batuan kristal zircon. Berlian kecil itu adalah temuan batuan tertua yang terdapat dalam perut bumi. Keberadaan berlian itu menandakan, proses pendinginan Bumi sejak ledakan besar (Big Bang) mungkin lebih cepat dari perkiraan semula.

Waktu antara terciptanya Bumi sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu dan terbentuknya batuan karang sekitar 500 juta tahun kemudian dikenal sebagai periode Hadean, atau “abad” geologi.

Para geolog sampai kini masih berpendapat, periode itu adalah saat ketika permukaan planet masih berupa massa lelehan lava. Namun, temuan berlian tersebut membuktikan yang sebaliknya. Temuan berlian itu dipaparkan dalam jurnal Nature.

Ketua tim peneliti Martina Menneken dari Westfalische Wilhelms-Universitat Muenster, Jerman, mengatakan keberadaan berlian itu membuktikan bahwa ada lapisan tebal yang relatif keras pada masa 4,25 miliar tahun lalu. Lapisan bumi itu tercipta pada kondisi tekanan kuat terhadap permukaan planet.

Bisa disimpulkan, pendinginan permukaan bumi mungkin hanya butuh waktu sekitar 200 tahun. Kondisi temperatur itulah yang memungkinkan air dan samudera terbentuk.

“Temuan itu menunjukkan, planet sudah mendingin dan membentuk lapisan batuan lebih awal dari dugaan semula,” kata Alexander Nemchin, pakar geokimia pada Curtin University of Technology Australia,

“Jack Hills adalah satu-satunya tempat di Bumi yang mempunyai informasi mengenai terbentuknya Bumi. Berlian itu adalah batuan tertua di planet ini,” kata dia.

Hasil uji peluruhan radioaktif memperlihatkan, usia kristal-kristal dari Australia Barat bervariasi antara 3,06 miliar tahun hingga 4,25 miliar tahun.(rtr-gn-25)

sumber : http://www.suaramerdeka.com

January 4, 2010 - Posted by | Learn Diamond, News of Diamond

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: